"Kerja Keras, Cerdas, Gotong-Royong"

14 days ago admin

Warung Damandiri Bermanfaat Bagi Pelaku Usaha Kecil Editor: Mahadeva Wahyu Sugianto Jurnalis Jatmika

Wagiyanti bersama produk jamu hasil produksinya Foto : Jatmika H Kusmargana

YOGYAKARTA – Keberadaan unit usaha Warung Damandiri milik KUD Sahabat Mandiri Sejahtera Argomulyo, mampu memberikan manfaat bagi para pelaku usaha di sekitarnya.  Sebagai bentuk sinergi dengan masyarakat, KUD yang berada di dusun Argomulyo, Sedayu, Bantul tersebut memberikan kesempatan bagi para pelaku usaha di sekitar Argomulyo untuk menitipkan produk mereka. 

Salah satu produk yang bisa ditemui di Warung Damandiri adalah produk jamu milik warga dusun Watu, Argomulyo, Sedayu, Bantul Wagiyanti (41). Sejak Warung Damandiri dibuka, ia secara rutin menitipkan jamu olahan miliknya untuk dijual. Mulai dari jamu temu lawak, kunir putih, beras kencur, kunyit asim, gula asem hingga rebusan daun sirih dan jamu pahitan atau uyup-uyup.

“Saya rutin menitipkan 30 lebih botol jamu berbagai ukuran di warung ini. Mulai dari ukuran setengah liter, tiga perempat liter, sampai satu liter,” katanya, Selasa (7/11/2017).

Selain menjual jamu di sejumlah warung atau toko, Yanti juga mengaku menjual jamu produksinya secara keliling dengan menggunakan motor. Dalam sehari ia mengaku bisa menjual hingga 30-40 botol. Bahkan ia juga kerap menerima pesanan jamu untuk acara tertentu hingga 50-60 botol sekali pesan.

“Tentu saja keberadaan Koperasi dan warung ini sangat membantu pelaku usaha kecil seperti saya. Karena saya bisa memperluas pasar sekaligus meningkatkan omset penjualan,” katanya.

Tak hanya itu, melalui unit usaha binaan KUD lainnya yakni kelompok pembuat jamu di desa Argomulyo, Yanti mengaku bisa mendapatkan berbagai pelatihan usaha. Mulai dari pengemangan produk, managemen, hingga pemasaran dan bantuan pinjaman modal.

“Tentu sangat bermanfaat, saya awalnya dulu menjadikan usaha pembuatan jamu ini sekedar sebagai usaha sambilan. Tapi kini justru usaha jamu ini jadi pekerjaan utama saya. Jadi saya bisa mendapatkan penghasilan sendiri. Tidak bergantung pada suami. Malah bisa ikut bantu memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari,” tutupnya.

https://www.cendananews.com/2017/11/warung-damandiri-bermanfaat-bagi-pelaku-usaha-kecil.htmls


0 Comments

Leave a Reply