"Kerja Keras, Cerdas, Gotong-Royong"

14 days ago admin

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Damandiri Beri Honor Tambahan Guru Editor: Satmoko Jurnalis Jatmika

Kepala Sekolah TK dan PAUD PKK 4 Argomulyo, Ngatinah, berada di depan komplek sekolah yang baru saja selesai direnovasi. Foto: Jatmika H Kusmargana

YOGYAKARTA – Program Desa Mandiri Lestari di Desa Argomulyo, Sedayu, Bantul, secara nyata dinilai telah mampu berkontribusi langsung dalam meningkatkan kualitas pendidikan di desa tersebut. Salah satunya dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini.

Sejak diresmikan sekitar beberapa bulan lalu, Yayasan Damandiri melalui program Desa Mandiri Lestari telah banyak memberikan bantuan dalam bidang pendidikan di Desa Argomulyo. Mulai dari renovasi gedung sekolah PAUD dan TK, pemberian bantuan Alat Peraga Edukatif (APE), hingga pelatihan dan peningkatan kesejahteraan bagi guru.

Manfaat bantuan itu, salah satunya benar-benar dirasakan Taman Kanak-Kanak (TK) dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) PKK 4, Argomulyo, Sedayu, Bantul. Kepala Sekolah TK dan PAUD PKK 4 Argomulyo, Ngatinah, mengakui hal tersebut.

Ia mengatakan sejak adanya pendampingan dari Yayasan Damandiri, sekolah yang dipimpinnya telah mendapatkan sejumlah perbaikan. Mulai dari renovasi gedung sekolah agar lebih nyaman untuk proses belajar mengajar. Serta pemberian alat peraga edukatif guna memudahkan guru menyampaikan pelajaran.

“Tentu sangat bermanfaat, dengan adanya program ini, lingkungan sekolah menjadi lebih bersih dan tertata. Sehingga anak-anak menjadi nyaman, senang dan betah mengikuti pelajaran di sekolah. Jelas ini sangat mendukung proses pembelajaran,” katanya.

Tak hanya itu, untuk meningkatkan kualitas pendidikan lebih baik lagi, Yayasan Damandiri juga mengadakan sejumlah pelatihan atau diklat bagi semua guru yang ada. Selain berfungsi meningkatkan kemampuan setiap guru, diklat juga digelar untuk menambah wawasan dalam mendidik anak.

“Kita bahkan juga mendapatkan bantuan tambahan dana intensif atau honor bagi semua guru. Besarnya Rp200 ribu per bulan, dan sudah kita terima. Walaupun tidak tahu akan diberikan sampai kapan, namun kita sangat bersyukur. Karena tentu akan menambah semangat kita para guru dalam mengajar,” katanya.

TK PKK 4 Argomulyo sendiri merupakan salah satu sekolah unggulan sekaligus sekolah rujukan di Desa Argomulyo. Dengan tenaga pendidik 5 orang guru, sekolah ini memiliki sebanyak 80 murid, baik berasal dari Desa Argomulyo, maupun desa lain di sekitarnya.


0 Comments

Leave a Reply