"Kerja Keras, Cerdas, Gotong-Royong"

4 month ago admin

Yayasan Damandiri Gelar Konsultasi dan Bimtek Tim Pendamping Desa Mandiri Lestari

suasana Pertemuan Konsultasi dan Bimtek Tim Pendamping Desa Mandiri Lestari /Foto: Jatmika H Kusmargana.

YOGYAKARTA — Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri) menggelar acara Pertemuan Konsultasi dan Bimbingan Teknis dengan tim pendamping program Desa Mandiri Lestari. Pertemuan yang bertempat di Hotel Premier Inn Yogyakarta dibuka secara resmi oleh Sekretaris Yayasan Damandiri, Firdaus, Rabu (12/07/2017).

Acara ini diikuti sedikitnya sebanyak 15 orang tim pendamping dari 5 desa Damandiri Lestari di DIY dan Jawa Tengah, termasuk sejumlah tokoh masyarakat atau pengurus desa setempat.

Acara ini digelar sebagai upaya memberikan pemahaman yang komprehensif mengenal program secara detail kepada seluruh tim pendamping. Termasuk soal pembiayaan maupun mekanisme dan prosedur teknis program Desa Mandiri Lestari. Hal ini bertujuan agar pelaksanaan program dapat terlaksana dengan baik.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi semua tim pendamping yang akan mewakili Yayasan Damandiri di setiap Desa Mandiri Lestari. Baik itu terkait program, perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, maupun penilaian. Agar semua yang sudah kita rencanakan dapat dilaksanakan sesuai rencana,” ujar Sekretaris Yayasan Damandiri, Firdaus.

Menurut Firdaus, hal yang paling ditekankan dalam pertemuan ini adalah komitmen para tim pendamping. Pasalnya merekalah yang nantinya akan memberikan pendampingan, penyuluhan, maupun memberikan penjelasan kepada masyarakat terkait setiap program Desa Mandiri Lestari.

Adanya kesamaan persepsi ini diharapkan membuat para tim pendamping dapat menjalankan program sesuai SOP yang telah disusun.

“Latar belakang tim pendamping ini sudah sangat mumpuni. Tinggal bagaimana komitmen mereka. Ini sangat penting. Karena mereka yang nantinya akan berhubungan langsung dengan masyarakat,” katanya.

Tahun 2017 ini Yayasan Damandiri mulai menjalankan Program Desa Mandiri LestarL yang direncanakan di 15 desa. Pasa tahap pertama program dijalankan di 5 desa yaitu 2 desa di kabupaten Bantul, yakni Desa Trirenggo dan Argomulyo. Serta 3 tiga desa di Jawa Tengah yaitu Desa Samiran Kecamatan Selo, Boyolali, Desa Pesantunan Kecamatan Wanasari, Brebes dan Desa Madura Kecamatan Wanareja Cilacap.

Desa Mandlri Lestari adalah desa yang masyarakatnya mampu hidup bergotong-royong dan bekerja secara mandiri dalam menghapus kemiskinan, dan meningkatkan kesejahateraan warganya secara berkelanjutan dengan bersendlkan nilai-nllai Pancasila.

Proses pemillhan lokasi desa Damandiri Lestari dilakukan dengan memperhatikan lndikator antara lain tingkat kemiskinan relatif tinggi, sudah mendapat sentuhan dari Yayasan Damandiri melalui kegiatan seperti Pos Pemberdavaan Keluarga (Posdaya), Tabungan dan Kredlt Pundi Rakyat Sejahtera (Taburpuja).

Selain itu juga memiliki Program lnovasi, serta terdapat potensi sumber alam atau sumberdaya yang dapat menjadi daya ungkit dalam pembangunan desa serta mendapat persetujuan dari pemerlntah daerah atau Bupati setempat.

Langkah awal program Desa Mandiri Lestari dimulai dengan analisis data baik sekunder maupun primer dengan Pendataan Keluarga oleh kader setempat. Kemudian dilakukan Sosialisasi dan Focus Group Discussion (FGD) bidang Sosial Budaya dan Ekonomi.

Selanjutnya disusun rancangan program bersama unsur setempat. Melalaui pembahasan di Yayasan Damandiri menjadi Rencana Kerja (Plan of Action POA) beserta pembiayaan yang bersumber dari APBDes, lnvestasi dan Yayasan Damandlri.

Semester II tahun 2017 merupakan tahap pelaksanaan program Desa Mandiri Lestari. Pelaksanaan kegiatan dilakukan oleh Tim Desa dan Tim Koperasi dibantu oleh unsur LPPM Perguruan Tinggi dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Nusamba selaku “Tim Pendamping” sekaligus Penghubung antara Yayasan Damandirl dengan tim pelaksana Desa Mandiri Lestari setempat.


0 Comments

Leave a Reply