"Kerja Keras, Cerdas, Gotong-Royong"

6 month ago admin

Koperasi jadi Tulang Punggung Desa Mandiri Lestari

Koperasi jadi Tulang Punggung Desa Mandiri Lestari

SENIN, 1 MEI 2017

 

YOGYAKARTA --- Ketua Umum Yayasan Damandiri, Subiakto Tjakrawerdaja, menegaskan, koperasi akan menjadi tulang punggung sekaligus pilar utama dalam menjalankan program Desa Mandiri Lestari. Koperasi yang didirikan di setiap Desa Mandiri Lestari diarahkan untuk dapat mengelola semua hal yang terkait layanan bagi warga masyarakat desa. Baik itu dalam hal ekonomi, kesejahteraan, pendidikan, dan lainnya. 

Ketua Umum Yayasan Damandiri, Subiakto Tjakrawerdaja.

"Harapannya, semua hal yang ada di desa nantinya dapat dikelola atau diatur koperasi. Mulai dari bayar listrik, BPJS, simpan pinjam, dan lain-lain. Mulai orang itu lahir sampai mati, semua yang mengurus koperasi," katanya dalam acara Pertemuan Pengurus Yayasan Damandiri dengan Pelaksana Operasional Program Desa Mandiri Lestari di Yogyakarta. 

Koperasi yang didirikan di setiap desa tersebut, dikatakan harus menerapkan prinsip memberikan manfaat sebesar-besarnya, dan bukan mencari keuntungan sebesar-besarnya. Koperasi melalui unit-unit usahanya seperi warung Damandiri, juga tidak boleh mematikan usaha kecil warung rumahan warga. Namun, justru menghidupkan warung-warung kecil tersebut. Misalnya dengan menyuplai dagangan dengan harga murah.

"Ini nanti yang akan menjadi ciri atau kekhasan Desa Mandiri Lestari," katanya. 

Melalui koperasi itulah, arah program Desa Mandiri Lestari yakni menciptakan lapangan kerja, mengurangi tingkat kemiskinan dengan melibatkan seluruh masyarakat berbasis gotong royong dapat tercapai. Termasuk juga dalam mengembangkan komoditas yang mengacu pada potensi sumber daya ekonomi sosial yang layak dikembangkan. 

"Mimpi saya desa bisa memproduksi, mengolah, dan mencukupi segala kebutuhan sendiri bagi semua warganya," katanya.

Suasana pertemuan pengurus Yayasan Damandiri dengan pelaksana operasional program Desa Mandiri Lestari di Yogyakarta.

Yayasan Damandiri sendiri dikatakan akan melakukan upaya-upaya untuk mencapai tujuan Desa Mandiri Lestari tersebut bersama dengan pemerintah maupun perusahaan. Baik itu dalam melakukan advokasi terkait pemanfaatan dan penyaluran program pemerintah pusat bagi desa maupun dalam menyalurkan program Yayasan Damandiri, yakni bantuan langsung seperti pemberian bibit, modal usaha, perbaikan rumah tidak layak huni, dan sebagainya. Atau bantuan tidak langsung berupa kredit modal, pinjaman, hingga 
pelatihan dan pendampingan. 

Jurnalis: Jatmika H Kusmargana / Editor: Satmoko / Foto: Jatmika H Kusmargana
http://www.cendananews.com/2017/05/koperasi-jadi-tulang-punggung-desa.html

0 Comments

Leave a Reply