"Kerja Keras, Cerdas, Gotong-Royong"

6 month ago admin

2017, Target Damandiri Jalankan 16 Desa Mandiri Lestari

2017, Target Damandiri Jalankan 16 Desa Mandiri Lestari

SENIN, 1 MEI 2017

YOGYAKARTA ---Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri) menargetkan pelaksanaan program Desa Mandiri Lestari pada sebanyak 16 desa di Indonesia pada 2017. Pelaksanaan program tersebut rencananya akan dilakukan secara bertahap dalam beberapa gelombang. 

Ketua Umum Yayasan Damandiri, Subiakto Tjakrawerdaja.

Ketua Umum Yayasan Damandiri, Subiakto Tjakrawerdaja, mengatakan, sampai saat ini, sudah ada sebanyak 5 desa yang mulai menjalankan program Desa Mandiri Lestari pada gelombang pertama. Yakni Desa Trirenggo Bantul, Desa Argomulyo Sedayu Bantul, Desa Samiran Boyolali, Desa Madura Cilacap, dan Desa Kesantunan Brebes. 

"Di lima desa ini, program Desa Mandiri Lestari sudah mulai berjalan. Kita harapkan yang lain akan segera menyusul secepatnya. Kalau bisa Mei-Juni ini. Nanti kita lihat dulu perkembangan 5 desa ini bagaimana. Yang jelas 2017 ini, 16 desa sudah harus jalan," katanya, di sela acara Pertemuan Pengurus Yayasan Damandiri dengan Pelaksana Operasional Program Desa Mandiri Lestari di Yogyakarta, Minggu (30/4/2017). 

Dari pelaksanaan program Desa Mandiri Lestari di 16 desa tersebut, Damandiri menargetkan akan mampu menyasar sekitar 70 ribu usaha produktif dari 700 kelompok. Yakni dengan pendirian 1 koperasi di setiap desa. 

Subiakto menjelaskan, prinsip Desa Mandiri Lestari ada tiga. Yakni gotong-royong antar semua eleman masyarakat modern, pola pikir serta pola kerja yang sehat, produktif, inovatif dan adaptif, serta mandiri dalam memanfaatkan nilai dan sumber daya lokal yang ada. 

Suasana pertemuan pengurus Yayasan Damandiri dengan pelaksana operasional program Desa Mandiri Lestari.

"Prinsipnya, semua warga desa harus kerja dan semua bisa hidup layak. Itulah sebenarnya prinsip sistem ekonomi Pancasila yang dicita-citakan Bung Hatta. Saya berharap, Desa Mandiri Lestari bisa seperti itu," katanya. 

Jurnalis: Jatmika H Kusmargana / Editor: Satmoko / Foto:  Jatmika H Kusmargana
http://www.cendananews.com/2017/05/2017-target-damandiri-jalankan-16-desa.html

0 Comments

Leave a Reply