"Kerja Keras, Cerdas, Gotong-Royong"

6 month ago admin

Satu Tahun Berdiri, KSP Tabur Puja Arimbi Salurkan Modal Usaha Rp140 Juta

Satu Tahun Berdiri, KSP Tabur Puja Arimbi Salurkan Modal Usaha Rp140 Juta
SELASA, 25 APRIL 2017

YOGYAKARTA --- Jejak Pemberdayaan Yayasan Damandiri --- Terletak sekitar 25 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta dan sekitar 15 kilometer dari Kota Bantul, kawasan Dusun Tegalsari, Desa Donotirto, Kretek, Bantul, merupakan sebuah desa yang cukup ramai. Meski berada di ujung paling selatan wilayah DIY, namun pertumbuhan ekonomi di kawasan ini terbilang cukup pesat. Hal itu tidak terlepas karena desa ini dilewati jalur utama pariwisata menuju Pantai Parangtritis, Pantai Depok, dan Pantai Parangkusumo yang hampir selalu ramai setiap hari. 

Ketua Posdaya Arimbi sekaligus Ketua KSP Tabur Puja Dusun Tegalsari, Wiwik Dwi Ambarini.
Potensi pariwisata yang sangat besar itu membuat perekononian di kawasan Kretek khususnya Desa Donotirto ikut mengalami pertumbuhan yang ditandai dengan banyak munculnya pusat-pusat perekonomian masyarakat berupa pasar tradisional. Sejumlah pasar tradisional tumbuh menggerakkan perekonomian warga di kawasan ini. Sebut saja pasar tradisional Ngangkruk Sari, pasar tradisional Turi hingga pasar tradisional Celeb. 

Memiliki sekitar 250 kepala keluarga di 6 wilayah RT, Dusun Tegalsari yang merupakan salah satu dari 16 dusun di Desa Donotirto, Kretek, Bantul, secara administratif memang tak terlalu luas. Mayoritas warga di Dusun Tegalsari ini bekerja sebagai pedagang dan petani. Tak seperti kawasan pantai selatan lainnya yang cenderung gersang, kawasan Dusun Tegalsari tepat berada di sisi timur anak Sungai Opak sehingga cukup subur dan kaya akan sumber air irigasi. 

Tumbuh dan berkembangnya perekonomian kawasan ini, membuat Dusun Tegalsari menjadi salah satu penerima program pinjaman modal usaha Tabur Puja dari Yayasan Damandiri sejak 2016 lalu. Dikelola oleh Posdaya Arimbi, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Tabur Puja Dusun Tegalsari, berupaya membantu warga dalam hal permodalan. Khususnya bagi warga ekonomi lemah baik yang memiliki usaha kecil maupun mikro. 

Ketua Posdaya Arimbi sekaligus Ketua KSP Tabur Puja Dusun Tegalsari, Wiwik Dwi Ambarini (50) mengatakan, pendirian KSP Tabur Puja Arimbi sekitar setahun lalu, sebenarnya merupakan pengembangan dari KSP Tabur Puja di Dusun Busuran yang berada tak jauh dari Dusun Tegalsari. Banyaknya peminat KSP Tabur Puja di Dusun Busuran, membuat pelaksana Tabur Puja di Kabupaten Bantul dan KUD Tani Makmur mendorong pendirian KSP Tabur Puja di Dusun Tegalsari. 

"Awalnya, dulu saya dan beberapa anggota lainnya tergabung dalam KSP di Dusun Busuran. Kebetulan, saya merupakan ketua kelompoknya. Karena banyak yang ingin bergabung di KUD Tani Makmur, maka saya mendorong untuk mendirikan Koperasi Simpan Pinjam Tabur Puja sendiri. Terlebih selama satu tahun, kelompok kami selalu lancar membayar angsuran sehingga kami dipercaya," katanya saat ditemui Cendana News, belum lama ini. 

Berawal dari satu kelompok kecil berisi sekitar 15 anggota, Koperasi Simpan Pinjam Tabur Puja Dusun Tegalsari dengan cepat berkembang. Kini, KSP Tabur Puja ini memiliki sekitar 70 anggota yang terbagi dalam 6 kelompok yang masing-masing kelompoknya memiliki sekitar 5-15 jumlah anggota. Meski baru berjalan dalam satu kali guliran, dana modal usaha yang disalurkan KSP Tabur Puja Arimbi telah mencapai Rp140 juta. Yakni dengan besaran pinjaman rata-rata Rp2 juta untuk setiap anggota. 

Suasana dusun Tegalsari, Desa Donotirto, Kretek, Bantul.
"Begitu terbentuk dan keluar ijinnya, kita langsung membentuk pengurus koperasi terdiri dari 3 orang yakni ketua, sekretaris, dan bendahara. Kita lalu juga membentuk kelompok-kelompok di setiap wilayah RT. Kebetulan di dusun ini ada 6 RT sehingga jumlah kelompoknya juga ada 6. Mayoritas peminjam adalah warga kelas menengah ke bawah yang memiliki usaha kecil maupun mikro," jelasnya. 
Jurnalis: Jatmika H Kusmargana / Editor: Satmoko / Foto: Jatmika H Kusmargana

http://www.cendananews.com/2017/04/satu-tahun-berdiri-ksp-tabur-puja.html?m=1


0 Comments

Leave a Reply