"Kerja Keras, Cerdas, Gotong-Royong"

7 month ago admin

Posdaya Mawar, Salurkan Dana Tabur Puja Capai Rp238 Juta

Posdaya Mawar, Salurkan Dana Tabur Puja Capai Rp238 Juta
SENIN, 17 APRIL 2017
 
YOGYAKARTA --- Jejak Pemberdayaan Yayasan Damandiri  --- Sebagai pusat pemerintahan desa, Pedukuhan Ngentak, Kelurahan Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, merupakan sebuah dusun yang cukup ramai. Posisinya yang tak jauh dari pusat pemerintahan Kecamatan Kasihan, membuat dusun ini mengalami perkembangan signifikan sejak beberapa dekade terakhir. 

Budi Sukowati

Budi Sukowati
Banyaknya pemukiman warga berupa perumahan yang dibangun di kawasan ini, menjadi salah satu pemicu pertumbuhan kawasan. Termasuk juga di bidang ekonomi. Tak sedikit warga asli dusun ini yang beralih profesi dari semula sebagai petani menjadi pedagang. Banyaknya warga pendatang dengan latar belakang beragam juga membuat Dusun Ngentak semakin berkembang. 

Terdiri dari 12 Rukun Tetangga (RT) Pedukuhan Ngentak dihuni sekitar 600 kepala keluarga (KK). Mayoritas penduduknya berprofesi sebagai pedagang, buruh maupun wiraswasta. Meski tak dominan, ada pula warga yang berprofesi sebagai petani, peternak, maupun perajin. 

Banyaknya warga masyarakat yang bekerja sebagai pedagang maupun wiraswasta, membuat Dusun Ngentak menjadi salah satu dusun penerima program Tabur Puja, Yayasan Damandiri yang dilaksanakan KUD Tani Makmur di Kabupaten Bantul. Selain bertujuan menumbuhkan ekonomi warga menengah ke bawah, adanya program ini juga diharapkan dapat mengembangkan usaha kecil maupun mikro warga agar lebih maju dan berkembang. 

Dijalankan Posdaya Mawar sejak 2013, program Tabur Puja di Dusun Ngentak mendapat sambutan luar biasa di awal pelaksanaan. Dituturkan Ketua Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Tabur Puja Dusun Ngentak, Budi Sukowati, pada tahun pertama Posdaya Mawar telah mampu menyalurkan seluruh kuota dana pinjaman modal usaha sebesar Rp200 juta. Hal itu terjadi karena banyak warga tertarik dan berminat pada program Tabur Puja dengan segala keunggulannya. 

"Awalnya, kita diberi sosialisasi adanya program Tabur Puja oleh Ketua KUD Tani Makmur. Menindaklanjuti sosialisasi tersebut, kita langsung membentuk sejumlah kelompok di masing-masing RT. Total ada 12 kelompok dengan jumlah anggota 5-10 orang untuk tiap kelompok," ujarnya, belum lama ini. 

Seiring berjalannya waktu, jumlah anggota KSP Tabur Puja di Dusun Ngentak pun semakin bertambah. Bahkan jumlah anggota KSP Tabur Puja di dusun ini pada tahun ke dua pernah mencapai 120 anggota. Setiap anggota tersebut diberikan pinjaman modal usaha berbeda-beda dengan besaran maksimal Rp2 juta. 

suasana dusun

Suasana Dusun Ngentak Bantul.
"Kini jumlah anggota koperasi simpan pinjam Tabur Puja di dusun ini menyusut menjadi sebanyak 94 orang saja. Hal itu terjadi karena ada sejumlah warga yang tidak lolos seleksi dalam proses pengajuan pinjaman modal usaha berikutnya. Meski begitu, total alokasi dana yang digulirkan saat ini menjadi Rp238 juta. Ini karena jumlah besaran pinjaman yang diberikan pada anggota semakin meningkat," katanya. 
Jurnalis: Jatmika H Kusmargana / Editor: Satmoko / Foto: Jatmika H Kusmargana

http://www.cendananews.com/2017/04/posdaya-mawar-salurkan-dana-tabur-puja.html


0 Comments

Leave a Reply