"Kerja Keras, Cerdas, Gotong-Royong"

7 month ago admin

Ibu RT Cantik ini Bikin Songket Sawahlunto

Ibu RT Cantik ini Bikin Songket Sawahlunto
SELASA, 18 APRIL 2017

PADANG --- Jejak Pemberdayaan Yayasan Damandiri --- Menjadi seorang ibu rumah tangga dan Ketua RT tidak membuat Rahma Yessi hanya sibuk dengan urusan rumah dan merawat dua orang anak. Berkat belajar dari teman tetangga rumahnya, perlahan-lahan Yessi mencoba membuat Songket dari tangannya sendiri. Hasilnya, berjalan lima tahun, kini Songket Yessi terbilang cukup banyak pesanan. Namun, perjuangan Yessi untuk membuat Songket yang berada di sudut dapurnya itu  tidaklah semudah cerita yang ia sampaikan ke Cendana News.


"Saya dulunya bekerja di CV Hayati Padang, karena telah memiliki anak dan tidak ada yang mengurus, jadi saya memilih untuk mengundurkan diri dan menjadi ibu rumah tangga saja. Namun, setelah saya jalani hidup menjadi ibu rumah tangga, ada jenuhnya juga. Ada teman di sebelah rumah yang telah lama membuat Songket dan saya pun belajar bersama teman saya itu," jelasnya, Selasa (18/4/2017).

Merasa telah mampu untuk membuat Songket sendiri, Yessi membeli peralatan dan kebutuhan untuk menenun. Awalnya untuk membeli alat tenun itu, Yessi memanfaatkan uang dari pencairan di BPJS Ketenagakerjaan karena pernah bekerja di CV Hayati Padang dan juga dibantu melalui pinjaman modal usaha Tabur Puja di Posdaya Anggrek Putih, Kelurahan Pengambiran Ampalu Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Padang, Sumatera Barat.

"Untuk membeli alat tenun saja menghabiskan dana mencapai enam juta rupiah. Berkat ada pinjaman dari Tabur Puja saya bisa menambahkan gulungan benang berukuran besar yang harganya mencapai satu juta dua ratus ribu rupiah. Dengan adanya peralatan dan perlengkapan lain, saya pun bisa menjalankan pembuatan Songket ini," katanya.

Yessi menyebutkan, untuk menenun Songket yang digunakan untuk sarung bisa diselesaikan dengan waktu selama satu minggu. Sementara untuk Songket yang digunakan menjadi pakaian, bisa memakan waktu selama dua minggu. Dengan kondisi demikian, Yessi bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga dan dua orang anaknya. Kini anak sulung sedang duduk di sekolah dasar.

Ia menyatakan, untuk menenun sama halnya dengan bekerja buruh, butuh tenaga dan kerja keras serta ketekunan. Jika menenun tidak dijalani dengan tekun, maka pekerjaan untuk menenun  terasa sulit untuk dikerjakan. Mengingat menenun butuh kesabaran dan ketekunan, karena pekerjaan menenun adalah merangkai dan menyusun rapi benang demi benang.

Hasil tenun Songket Sawahlunto ibu rumah tangga yang berusia 31 tahun ini, tidak hanya tersebar di Padang saja. Tetapi juga telah sampai dibeli dari luar Sumatera Barat. Meski kini Yessi tidak lagi menjadi nasabah Tabur Puja, namun dulunya Songket hasil tenun Yessi pernah menjadi ikon Posdaya Anggrek Putih. Alasan Yessi memberhentikan pinjaman di Tabur Puja, bukan tanpa sebab, karena banyak kebutuhan lain sehingga dikhawatirkan apabila melanjutkan pinjaman di Tabur Puja malah bisa menunggak.

"Saat ini saya memilih untuk mengurangi kredit, karena banyak kebutuhan lain. Jadi, soal utang dan kredit jika bisa saya jauhkan akan saya jauhkan. Setidaknya dengan menenun ini, cukuplah untuk belanja sehari-hari," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Tabur Puja Posdaya Anggrek Putih, Vonny menambahkan, Rahma Yessi merupakan nasabah Tabur Puja yang pertama kali yakni pada 2014 lalu. Yessi memang tidak melakukan pinjaman dalam waktu yang lama, dari hitungan pembukaan, Yessi hanya meminjam modal usaha di Tabur Puja hingga tiga kali dengan masa pinjaman selama satu tahun lebih.

Foto Rahma Yessi memperlihatkan hasil tenun yang merupakan Songket khas Sawahlunto.
"Bagi kami di Tabur Puja, tidak ada yang membatasi jika ada nasabah yang sebelumnya telah berhenti untuk meminjam dana di Tabur Puja untuk kembali meminjam di Tabur Puja. Asalkan, nasabah itu sanggup untuk membayar kredit per minggu maka kami akan membantu. Apalagi seperti usaha Songket Sawahlunto sangat potensial untuk dikembangkan," ucap Vonny.
Jurnalis: Muhammad Noli Hendra / Editor: Satmoko / Foto Muhammad Noli HendraIbu RT Cantik ini Bikin Songket Sawahlunto

http://www.cendananews.com/2017/04/ibu-rt-cantik-ini-bikin-songket.html


0 Comments

Leave a Reply